Pages

Jumat, 22 November 2013

GRAND TAKEGAWA, HEAD FU DAN KOPLING KERING


Serem juga melihat foto yang diposting oleh Theo ini.  Kalau dilihat lebih dekat, basic mesinnya dari Honda Grand. Tapi, blok dan kepala silinder dari Suzuki Satria F-150. Pertemuan blok silinder Satria F-150 dengan crankcase Grand menggunakan adaptor.
Katanya sih motor milik temannya Theo. Menurut bocah asal Gresik, Jawa Timur ini, basicnya dari Honda Grand. Theo bilang mengusung mesin Grand Takegawa. Harganya lumayan tinggi, sayang kalau dipakai balap liar. Makanya ini hanya untuk balap drag bike resmi saja.

Kalau mau tahu harganya, “Mesin Takegawa saja sekitar Rp 48 jutaan. Karbu sekitar Rp 3 jutaan. Belum part racing lain, bisa dikira-kira sendirilah bos. Ane aja gak berani ngitung. Entar malah gila sendiri. He..he..he…,” tulis Theo dalam menjawab pertanyaan dari teman-teman di jejaring sosial komunitas balap liar. Seremnya lagi, kopling kering Takegawa saja sudah Rp 15 jutaan. Walah…

Kopling kering memang memiliki kelebihan. Tidak selip karena tidak terendam oli mesin. Kopling seperti ini seperti di mesin GP125 atau 250. Kalau di motor massal seperti di Aprilia RS125.
Setelah ditelusuri lagi lewat comen teman-temannya, ternyata motor ini milik Alendi Fit. Keberadaan Grand ini sedang dilacak. Kalau sudah ketemu akan ditulis di tabloid MOTOR Plus secara lengkap.
Nah. kini posisi motor ini sudah ketemu. Yaitu dari komentar bro Vanella dan Legowo. Redaksi MOTOR Plus segera meluncur. Tunggu ya ulasan lengkapnya di MOTOR Plus cetak. Lengkap dengan foto-fotonya.



Jupiter MX Blok Head Scorpio



Jupiter MX Sedang ramai di bicarakan di arena liaran jakarta karna motor yang selama ini di anggap banci itu ternyata menyimpan banyak potensi yang terpendam....banyak para modifikator enggan untuk memaksimalkan motor yang tergolong memiliki DNA berbeda dengan motor jenis bebek convensional karna bernacam alasan....namun kian hari motor ini kian berkilau berkat salah satu bengkel di jakarta yang dapat memaksimalkan motor  yang satu ini tanpa keluhan yang berarti....namun itu cerita tentang modifikasi mesin di jakarta... lain cerita kalo di luar Jakarta.....dengan segala keterbatasan fasilitas  mereka tetap berusaha berkarya dengan maksimal...berusaha untuk berinovasi dengan material yang ada dengan bertujuan mendapatkan hasil yang memuaskan alias Speed yang ok....salah satunya memodifikasi mesin dengan cara Engine Swap....namun tidak tanggung-tanggung part yang di kawinkan kali ini....yaitu Blok Head Yamaha Scorpio 225cc

Engine Swap Mx 135 cc dan Scorpio 225 cc
Mantapppp.....Melakukan engine Swap tergolong Rumit kawan.....karna membutuhkan ketelitian dan keakurasian.....di tambah lagi harus memindahkan posisi rantai keteng jupiter MX dari sebelah kiri ke kanan karna posisi rantai keteng scorpio yang berada di kanan...hemmm cuco deh....tapi hal itu bukanlah masalah berarti jika tekad sudah terlanjur bulat.... bagi KenyOunk 22 tahun sang mekanik dari Bengkel (kenyounk Punya Karya) .... tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini jika mengerjakanya dengan sungguh-sungguh....
Dudukan Baru untuk Blok Head Scorpio
Alasan bengkel KPK (kenyounk Punya Karya) yang berlokasi di daerah yang belum lama menjadi tuan rumah Pon  Pekan baru Riu ini ...memilih Blok head Scorpio untuk riset modifikasinya kali ini....guna untuk mengejar penggunaan diameter piston yang lebih besar...karna Scorpio bisa  menggunakan hingga piston berdiameter 80mm....namun ternyata langkah modifikasinya  tidak berhenti pada diameter piston / Bore Up dan engine Swap saja sob...Tapi ritual Stroke Up pun tidak lupa di lakukannya...dengan merubah Stroke Satndar MX yang 58,7mm menjadi 74 mm.....Karna Stroke up merupakan ritual wajib Bagi para modofikator mesin....

Dengan mengkombinasikan kruk as standar mx dengan Stang Seher RXZ maka keluarlah angka Stroke 74mm dengan di padu diameter standar 70 mm piston scorpio makan cc nya berubah menjadi 284,6 cc di bulatkan menjadi 285cc ....WEW Masuk kelas FFA nih kalo di Resmi






Tapi rasanya kurang lengkap ya sob kalo kita hanya mendengar cerita rubahannya saja tanpa bisa melihat dan mendengar langsung Hasilnya....apalagi suaranya kaya apa ya....??? Penasarankan......!!!!!
Tapi tenang aja sob....Cuplikan Video selalu menjadi Prioritas I B L J untuk membuktikan suatu hasil karya Seseorang Agar lebih mantap dan meyakinkan tentunya...



SUZUKI SHOGUN HYPER BORE / HEAD FU MEDAN

Baru saja IBLJ aktif  lagi di Facebook menggunakan akun baru stelah hampir 1 bulan fakum...Wahhh...Langsung aja  banyak berita perkembangan baru  di  FB khususnya Balap Liar...dan perkembangan tersebut menginspirasikan IBLJ untuk membuat suatu tulisan Di blog agar teman-teman IBLJ lebih mantapppp untuk menyimaknya....okkkk
Sangat jarang terangkat motor buatan anak-anak di luar pulau jawa...padahal banyak juga loh yang ga kalah extreem dan Siapa bilang kalo Motor balap Yang serem-serem lahir di pulau jawa...ne..ne..ne...mau bukti...
 INI DIA..........!!!!!!!!!!!!!

SUZUKI SHOGUN HYPER BORE / HEAD FU   BUATAN MEDAN










 Motor ini Buatan anak-anak medan tepatnya Bengkel anxory bubut marelan jln.Marelan pasar 2 arah ke belawan medan sumatera utara....IBLJ mendapatkan berita ini dari wawancara online dengan salah satu anggota bengkel tersebut yaitu bro Lie Siau Long  http://www.facebook.com/profile.php?id=100001570982139...bro lie ini adalah salah satu anggota dan kerabat IBLJ di FB........selain rubahan yg cukup extreem pada bagian luar kepala cylinder yang sudah menggunakan Head satria fu dalemanya pun ga kalah extreem lo...dengan bore = 70 mm milik piston Scorpio dan struk = 81,2 mm.....hemmmm....Angkerrrrr kallliiii COK......

 Liat pakingnya brooooo....5 cm


Spek ini di buat untuk di turunkan pada balap liar dan resmi .......jika pada balap resmi diturunkan di kelas ffa ....bro lie berbisik, kalo di medan kelas ffa kapasitas cc hingga 350 cc ...Alllammmaaaa
wiettt belum selesai...masi adalagi spek-spek lainya yg belum di sebutin yang ga kalah Mantap...
  •  Magnet KTM
  •  Koil YZ
  •  Carbu FCR 30







Kayanya taman-taman IBLJ bisa menilai sendiri deh Hasil karya Anak-anak Medan Ini......MANTAPPPP
HORRRAAAASSSSS......
 

Honda Grand 246 cc



Sebenarnya  gambar motor ini telah lama beredar dan sebagian orang pun tau  bahwa motor tersebut buatan BangYan's mocin Khususnya wilayah jakarta.....namun ada beberapa Yang kita tidak tahu dari motor ini salah satunya adalah spek dari motor ini...kira-kira apa aja sih dalemanya hingga bisa motor Honda grand ini memiliki cc 246...????






ternyata setelah di usut-usut motor ini adalah hasil order dari orang malaysia....yang menginginkan bagaimana caranya membuat tampilan mesinnya terlihat standar namun dalamnya sudah di korek total.....ternyata spek liaran di malaysia tidak main sistem scrut.....mereka hanya berpatok pada tampilan saja
dan tentunya bang yan's tidak kehabisan akal untuk menyanggupi orderan tersebut dan segera membuatnya.....
salah satu trik andalanya adalah dengan mengaplikasikan crangkes kanan bango (mocin) yang di kawin kan dengan crangkes kiri standar grand...yang bertujuan agar bisa mengaplikasikan strok yang lebih panjang.......ga tanggung setelah di modifikasi struknya mencapai 70 mm..

coba liat pakingannya brooo...







70 mm itu baru strukanya......kira2 berapa diameter sehernya....??????

ternyata ga kalah extrem sob.... seher berdiameter 66 mm di paksa masuk kedalam blok std grand...yang umumnya hanya mentok di ukuran 58-63,5 mm.....gileeee...  dengan menggeser baut tanemnya ...tentunya hal ini tidak mudah.... dan jarng mekanik yg melakukanya hal ini karna beresiko cukup tinggi...selain mesin rawan jebol.....tentunya duitnya juga harus kenceng mennn....karna jalur oli sudah kemakan habis makanya bang yans mensiasati untuk membuat jalur baru diluar mesin...lihat gambar di atas....cara ini terinspirsi motor kaze..tentunya teman-teman juga sudah paham.....



tapi ada satu lagi yang terlihat konyollllll......kira2 apa ya......??????
coba deh perhatikan baut tanemnya.......keliatan tuh dari luar........sialllllllllllllll
Emang gila orang yang satu ini........SALUT-SALUT......


Honda Grand, Dua Silinder Segaris 218 cc!

 
Pertemuan dengan Honda Grand ini cukup unik. Jam 12 malam di Jl. Ciledug, Tangerang tiba-tiba terdengar suara seram raungan motor sport. Sepintas minimal 400 cc ke atas. Begitu berlalu, ternyata motor cebol yang aslinya 100 cc.

Penasaran, langsung dikejar dan untungnya doi masuk SPBU. Wow.. ternyata mesin bebeknya berkepala dua alias mengusung duo head. Dari obrolan kecil dengan Haryanto yang punya motor, janji ketemu di O’N25 Oji Motor yang specialis bikin motor jadi 2 siinder.

Mesin yang dianut segaris. Tidak mengikuti tren yang sudah banyak diadopsi, yaitu konfigurasi V atau V-twin engine. Biar jelas, scrutineering pun dilakukan. Guna membuktikan memang dua silinder dan berfungsi maksimal.

Di kepala silinder tidak mengalami penggabungan. Head dibikin terpisah satu sama lain. Sehingga keduanya memiliki rante keteng dan kem sendiri-sendiri.

Kedua piston digerakkan 2 kruk as Grand yang digabung. Sistem penyatuan kruk as sederhana. Bandul kruk as kanan dilubangi. Sementara kruk as kiri dari as yang menuju kopling dimasukkan ke lubang itu. Kemudian dipres dan di las titik. Tentu sebelumnya as itu dipotong dulu.

Laher kruk as dipasang 4 biji. Dua di kanan-kiri dan 2 di tengah. Di tengah kruk as juga dipasangi gir timing untuk rantai keteng silinder kanan.



Kemudian dibuatkan crankcase baru. “Crankcase terbuat dari almu batangan yang dibentuk ulang dengan cara dicetak lalu dibubut,” jelas Rizky Fauzi, sang mekanik yang punya ide hebat ini. Mesin jadi molor sekitar 9-10 cm kesebelah kiri.

Crankcase baru ini sudah dilengkapi dudukan bearing kruk as tengah. Juga dibentuk menggunakan las babet dan argon. Kemudian finishing menggunakan mesin milling agar bisa dipasangi dua si-linder milik Grand.

Silinder blok diisi seher Kawasaki Kaze standar. Diameternya 53 mm. Dipadukan dengan stroke standar Grand 49,5 mm. Satu silindernya jadi 109,2 cc. Karena 2 silinder jadinya 109,2 x 2 = 218,4 cc.

Pengapian Grand ini hanya menggunakan 1 pulser dan 1 CDI kepunyaan Shogun. Kabel dari CDI dibikin cabang 2, untuk 2 koil Jupiter. Dan diteruskan ke busi yang juga jadi 2.

Atur Suara
Kalau 2 silinder bekerja berbarengan dengan proses kerja yang sama, suara mesin biasa saja. Seperti 2 motor 1 silinder hidup bareng.

Agar suara seram seperti moge, proses kerja silinder kiri dan kanan dibikin beda. Piston di kanan sedang kompresi, sementara piston di kiri sedang proses langkah buang.

“Meski seher naik-turun bareng, suara yang dihasilkan mesin jadi bergantian karena ledakan pembakaran antara silinder 1 dan 2 berbeda,” terang Fauzy dari Jl. KH Hasyim Ashari, Gondrong Kenanga No. 16, RT 004/01, Cipondoh, Tangerang. (motorplus-online.com)
 

Yamaha 125 Z 61 HP Yunani best time 6,4 detik 201m


   Memanfaatkan komunikasi sesama pecinta drag bike di belahan dunia lain... walaupun berbeda negara I B L J tetap ingin melihat perkemabangan Drag Bike di dunia sejauh mana ?...terutama yang sesuai dengan perkembangan motor-motor drag di tanah air.....sejauh ini kita selalu berpatokan kepada thailand, malaysia sebagai barometer perkembangan drag bike di tanah air...hal ini masilah sangat minim informasi untuk memajukan perkembangan Drag bike kita.....untuk itu IBLJ membuka relasi kekerabatan dengan para pecinta Drag Bike dari yunani yang Spesifikasi modifikasinya tidak jauh dengan negara kita....

Yamaha 125 Z 61 HP saat di atas Dyno

Karna sudah paham dengan hobi kita yang sama...Jadi tidak sulit rasanya untuk berkomunikasi unutk mengorek informasi dari mereka...sontak saja mereka paham dengan informasi apa yang harus mereka berikan untuk IBLJ...mereka langsung menyodorkasn motor-motor terbaik dari yunani untuk sebagai bahan perbandingan di sini...dan hasilnya pun memang tidak meragukan......bukan sekedar asal bicara...mereka memberikan semua data-data output secara baik termaksud Video yang langsung di rekam di atas Dyno...secara spesifikasi bentuk full kendaraan memang banyak perbedaan antara motor Drag di yunani dan Indonesia.....Dari mulai rem Cakram depan yang menggunakan rem Cakram sepeda....tidak menggunakan suspensi belakang...dan masi banyak lagi jika kita cermati....namun hal itu rupanya bukan menjadi kendala mereka...buktinya mereka mampu menorehkan angka terbaiknya hingga berada di best time 6,4 detik untuk jarak 201m dan 10,2 detik pada 400m dengan kecepatan di atas 200 km/jam

Print out Dyno Yamaha 125 Z  61 Hp

Print Out Best Time 201m dan 400m
Di atas langit masi ada langit itu benar adanya kawan....motor 2 tak bebek yang kita kenal selama ini menjadi jawara adalah honda Nova Dash di Thailand dengan penorehan angka rata-rata di bawah 7 detik di atas 6,5 detik....Rupanya mulai gelisah melihat dari hasil penorehan angka Horse Power dan best timenya Motor-motor dari yunani yang di dominasi oleh yamaha 125 Z....walaupun informasi yang I B L J dapatkan belum cukup ditail hingga pada spesifikasi modifikasinya.....Sekiranya hal tersebut dapat membuka wawasan dan juga untuk memotifasi diri kita untuk lebih terpacu.....Mudah-mudahan Next I B L J akan mengulas lebih jauh tentang Spesifikasi motor-motor yang ada di Yunani sana...
Berikut adalah Bukti Cuplikan  Video saat berada di arena balap dan di atas dyno salah satu motor tercepat yang ada di Yunani

Jupiter MX 476 cc belum sempat merasakan aspal Indonesia

Dunia Balap Lurus memang sedang Benar-benar Booming dengan Jupiter MX...Hampir beberapa ulasan IBLJ beberapa bulan terakhir mengulas tentang jupiter MX Modif.... dari Yang kenceng sampai yang modif Extreem...Kali ini kembali nongol Jupiter MX buatan anak-anak kota Hujan BOGOR....Jika dilihat sepintas Tampak luarnya Seperti Mx spek ektrem pada umumnya ...dimana Blok Cylinder di Cor sebagai syarat untuk Masuk Piston-piston berukuran Raksasa.....Namun Kali ini agak sedikit lebih rapih..mungkin karna ada sentuhan mesin CNC jadi permukaan blok terlihat seperti Full Paking alumunium ...Cekidot gambar di bawah sob....Rapihkan...Begitu juga dengan Blok Magnetnya terliahat Lebih Stylish dengan motif lubang-lubang melingkar

Bukan hanya dari tampilan luarnya yang WOW....Tapi juga Spek rubahannya dalemanya Lumayan Ekstrem Sob....siapa sangka blok yang terlihat rapih ini menyimpan Volume yang begitu besar untuk kelas motor-motor bebek untuk spek bebasan di Indonesia...476 cc itulah angka yang keluar dari paduan Bore 84 mm x Stroke 86mm...


Liat tuh Boringannya WEW......... usut punya usut Piston menggunakan Kawasaki ZX 1400 musuh bebuyutanya Suzuki Hayabusa yang berdiameter 86mm di padu dengan kruk as CRF motor Special Engine ....Namun sangat disayangkan Spek yang terlihat angker ini bukan untuk di Terbitkan di Indonesia....tapi Untuk Di geber di Negaranya si Upin-Ipin Malaysia...Mesin ini adalah Riquest dari salah satu bengkel dari negara tetangga yang sangat mengkagumi Karya bangsa Indonesia



Waduh sayang sekali ya...kalo saja motor ini Bisa mencicipi kerasnya aspal liaran jakarta pasti bakal menghebohkan dunia persilatan...sudah pasti banyak yang penasaran dengan liarnya torsi dari Jupiter Mx 476cc ini.....Wuuzzzz....Walau pun demikian  IBLJ tetap mengangkat berita ini sebagai bentuk apresiasi sang mekanik (EDIE) dari Bengkel 333 BOGOR (salah satu anggota Grup I B L J) agar tetap terus  berkarya


Spesifikasi :
Seher kawasaki ZX 1400 : 84mm
Stang seher : K125
Kruk AS : CRF Stroke 86mm
Kompresi : 14:1
Klep : 31/27
Pengapian : YZ
Per klep : YZF
Durasi Ex : 278 Durasi In : 280
By: 333 Motor bogor



Gebrakan Kirana Abakura 4T Jakarta




Di akhir tahun 2012 Arena Bali di seputaran jakarta di gebrak oleh kedatangan sosok motor yang awalnya di pandang biasa-biasa saja...Dari Style dan tampilan yang tergolong sederhana untuk sekelas motor spek bebeasan di jakarta ....motornya pun hanya dari Basic mesin bebek yang berteknologi Konvensional yaitu honda Karisma ...Namun di balik kesederhanaanya itu tersimpan Chemistry korekan yang mengerikan dari duet mekanik Eko tompel dan Aris abakura Dari bengkel yang bernama ABAKURA 4T...nama bengkel Abakura ternyata ada 2 sejauh ini Abakura 4T dari jakarta dan Abakura dari daerah jawa tengah yang  Eksis juga di dunia balap terutama di arena resmi ....Nah yang I B L J ulas saat ini adalah bengkel Abakuta 4T Dari jakarta Ingat kalo dari Jakarta Ada (4T) nya di belakang tulisan Abakura...Tegas Arisa Mekanik Abakura





Kenapa motor Karisma Abakura 4T di sebut mengebrak ???.....karan motor yang di hadapinya Motor-motor yang bisa di katakan The Bestnya jakarta....dan semua Di tinggalin begitu saja tanpa peringatan...dari mulai Motor Satria FU Spek Bebasan,Jupiter MX Bebasan ,Mio bebasan Dll...Seperti yang I B L J pernah ulas sebelumnya tentang motor ini Track recordnya Lumayan cemerlang dari sekian banyak pertandingan....dan akhirnya banyak rumor yang beredar tentang motor ini bahwa motor ini memiliki kelebihan-kelebihan di sektor mesin dan bukan made in jakarta....dari berita yang hanya menjadi gosip ini I B L J mencoba untuk meluruskannya dengan langsung mewawancarai langsung sang Empunya motor/ sang mekaniknya Yaitu Bro Aris Abakura 4T....

Namun ternyata di luar dugaan sob.... ternyata Rumor yang beredar di lapang saat ini udah jauh melenceng dari pengakuan sang mekanik......Penjelasn rumor lebih lanjut akan I B L J tulis pada Spek dari Motor tersebut biar pada engga penasaran ok...Bengkel Abakura juga open House untuk teman-teman yang ingin menyambangi bengkel mereka walau hanya sekedar Service,Share atau pembuatan mesin
untuk Kontak lebih lanjut teman-teman bisa Hubungi nomer :
Contac Aris di : 021 99207633
Alamat Lengkap : Jl.peta barat rawa lele kel-kalideres kec-kalideres jakarta barat 11840 arah bandara soekarno hatta deket perumahan citra 2 exstantion


Spek kirana ABAKURA 4T :




- Ratio cuma gigi1 (banci/ Cuma sebelah  yg laen standar)  4 Speed
- Struk 66mm 
- Piston 67mm
- Kompresi di bawah 11:1
- Klep in:35 ex:30
- Cdi Brt i-max
- Karbu  28 Sp
- Pelek : Excel baros 
- Ban depan fdr drag belakang irc eat my dust 
- Kenalpot : Custom


Garuda ABAKURA Cukup Disegani di Jakarta Barat




Entah sudah berapa banyak bengkel yang berhadapan dengan motor dari bengkel yang satu ini dan telah mengakui kehebatanya...track recor Motor Garuda dan Kirana yang tercatat 19 kali bertanding 12 kali menang.... 3 kali menang Dp.... 1 kali kalah Dp..... dan 3 kali kalah....ini pengakuan dari salah satu kru ABAKURA (ada bakat kurang ragat)...19 kali bertanding di arena liaran merupakan sebuah konsistensi bahwa motor tersebut tidak ingin di pandang sebelah mata oleh motor lawn-lawannya walau hanya sebuah motor cina dengan merek Garuda dengan rubahan mesin yang radikal...

ABKURA  awalnya adalah sebuah bengkel rumahan ....seperti bengkel-bengkel hebat pada umumnya di Jakarta yang sebagian besar berawal dari bengkel-bengkel rumahan yang di dirikan secara swadaya...yang berdiri selama kurang lebih 3 tahun yang lalu....dan akhirnya ABAKURA mendirikan bengkel umum di salah satu lokasi di  Jl.peta barat (rawa lele) jakarta barat  selama kurang lebih 1 tahun terakhir ini Dimana mekaniknya adalah Bro Aris dan Eko tempel ABAKURA yang tergolong masih muda...

Rubahan mesin yang radikal dimana tidak lagi menggunakan mesin bawaan motor Garuda/Mocin telah di ganti dengan seglondong mesin Karisma...namun sasis tetap masi menggunakan Mocin seperti nampak pada gambar yang paling atas...rubahan ini umum di lakukan para penggila kecepatan agar terlihat culun tapi bringas.

DRAG RACE INFO

KARBURATOR       
Karburator adalah komponen vital pada  kendaraan anda. Karburator memiliki fungsi penting pada mesin. Karburator memiliki fungsi yaitu mencampur campuran bahan bakar dan udara yang di buat embun yang dimasukan ke ruang pembakaran yang melewati manifold dan katup hisab.
       Karburator dapat diperbesar agar putaran mesin lebih liar yaitu dengan cara "Mereamer" lubangnya venturinya dengan menggunakan bor dengan ujung mata tuner yang disesuaikan   dengan lubang si karburator itu sendiri.
       Karburator karburator yang sering digunakan dalam ajang balap adalah yang memiliki lubang venturi yang besar dan memiliki spesifikasi yang unggul. Menurut saya Karburator yang sesuai dengan mesin motor balap adalah :
  1.  NSR Sp atau karburator PE 28 mm 
          Keunggulan karburator ini adalah pada lubang venturinya, karena memiliki lubang yang cukup besar dan dalam settingan karburator ini mudah dan bisa diatur besar kecilnya spuyer dengan mengganti spuyer dengan spuyer karburator Honda GL Pro atau Honda Tiger dirasa lebih enak daripada spuyer asli PE. Karburator jenis ini paling banyak digunakan pada motor-motor balap kelas bebek. Harga karburator ini sekitaran : NSR SP 1 jutaan asli jepang, PE Thailand 450 ribuan, PE TDR 750-800 ribuan. Hati-hati barang china.

     2. KOSO 24-28 mm
           Karburator buatan CHINA ini memiliki lubang venturi seperti karburator reamer, jadi karburator ini memiliki presisi yang cukup besar untuk motor dari putaran mesin dari bawah keatas dengan cepat dan nafas motor dirasa cukup panjang. Harga karburator ini sekitaran 500-800 ribu, cukup murah sih. Karburator ini mempunyai settingan cukup susah, karena kalau disetel irit tatapi masih boros bensin.

     3. Keihin PWK 24-28 mm
           Karburator asli JAPAN punya ini mempunyai bentuk dan ukuran sama (plek ketiplek) dengan KOSO tetapi mempunyai finishing yang bagus dari pengerjaannya, jelas buatan JAPAN apa sih yang nggak bagus.  Karburator ini banyak digunakan dalam motor drag atau motor cross. Tetapi menurut saya harga karburator ini di INDOESIA memiliki harga yang cukup selangit sekitar 1,4-1,7 juta "WOW" cukup mahal.
Dikarenakan karburator ini asli MADE IN JAPAN tetapi hasil yang diperoleh juga seimbang dari harganya.

      4. MIKUNI TM(kotak) 24-34mm
            Karburator JAPAN punya ini mempunyai model dan bentuk yang berbeda dari karburator lain, dikarenakan mempunyai piston karbu atau skep kotak dengan warna hitam. Mempunyai settingan cukup mudah, bensin cukup irit. Karburator ini dipasaran mempunyai harga dari yang termurah  24mm seharga 1 jutaan dan yang paling mahal yaitu ukuran 34mm seharga 3,2 juta "Widih" bisa langsung kere tuh. Karburator segede gajah itu banyak dipakai motor drag 2 tak yang memiliki power besar, agar bisa mengimbangi gedenya karbu tadi.

     5. KEIHIN PJ 34mm
            Kerburator gajah jenis ini adalah karburator terbaik untuk motor 2 tak bore up karena pada ukuran lubang venturinya sangat besar dan memiliki skep kotak jadi untuk presisinya sangat oke untuk motor 2 tak bore up. Untuk harganya sih dipasaran kisaran 1,4-1,5 jutaan MADE In JAPAN. Karburator jenis ini jarang di indonesia karena buat belinya di toko-toko tertentu.

BAGIAN-BAGIAN ATAU KOMPONEN KARBURATOR

1. Main jet (spuyer gas)
    Main jet terdapat didalam mangkuk bawah yang berfungsi untuk asupan bensin pada waktu putaran tinggi. Main jet dapat diperbesar dengan cara, 1. Cari olor gas pilih satu yang kecil, 2. masukan Main jet ke olor tadi, 3. gesek-gesekan dengan sepenuh tenaga hingga sesuai ukuran yang di inginkan.
2. Pilot jet (spuyer angin-angin)
   Pilot jet terdapat disamping main jet. Pilot jet berfungsi pada saat putaran mesin motor rendah atau stasioner. Lubang kecil pada belakang skep itulah lubang yang menghubunkan anatara pilot jet dengan bensin jadi pada saat skep munutup mesin medapat asupan bensin dari pilot jet.
3. Skep (piston karbu)
    Skep berfungsi mebuka menutup lubang pada karburator. Cara kerja skep sangat simpel aitu naik dan turun, jika skep membuka maka campuran bahan bakar dan udara akan masuk keruang pembakaran dan membuat putaran mesin menjadi tinggi dan melakukan pekerjaannya, sebaliknya jika skep menutup puutaran mesin menjadi rendah
4. Jarum Skep
   Jarum skep berfungsi untuk banyak sedikitnya bensin yang masuk ruang pembakaran. Jarum skep berada pada bagian tengah skep, jika posisi skep menutup jarum skep juga menutup lubang main jet sehingga ruang pembakaran tidak terlalu banyak bensin, dan ruang pembakaran hanya menerima bensin dari pilot jet saja. Jarum skep dapat diatur untuk mendapatkan setelan yang pas dengan cara memindahkan kancing kecil yang ada di jarum skep. Jika kancing berada pada atas menandakan bensin untuk ruang pembakaran irit atau tidak terlalu boros.
5. Ventilator
    Ventilator berfungsi untuk membuka dan menutup lubang kandungan bensin. Ventilator berkerja dengan bantuan apung-apung jika mangkuk terisi bensin, apung-apung akan mengapung ke atas sehingga ventilator dapat menutup lubang tempat masuknya  bensin ke karbu.
6. Apung-apung
    Apung-apung berfungsi sebagai pembantu ventilator menutup dan membuka tempat masuknya bensin ke karbu. KARBU BANJIR mesti banyak diantara kalianpasti memngalami ini, motor sulit dihidupkan dan bensin keluar dari saluran pembuangan. Saya akan memberi tips memperbaiki karbu banjir :
  1. Copot filter
  2. Copot saluran bensin dan olor gas
  3. Copot dua baut ukuran 10-an
  4. Buka mangkuk karbu dengan melepas baut kecil dengan obeng
  5. Copot apung-apung 
  6. Bagian yang penting, setellah nozzel atau lidah apung-apung dengan menekuk sedikit demi sedikit.

Jumat, 15 November 2013









di jual karburator PE 28 second  kondisi normal dengan harga standart ,

Tips korek noken as sesuai kebutuhan


Memilih noken as mungkin harus dipertimbangkan sesuai kebutuhan kita. Noken as merupakan paru-paru dari sepeda motor untuk menyesuaikan nafas sepeda motor. Jadi jika kamu berkeinginan untuk merubah atau ingin memodif noken as mu ada baiknya kamu pikirkan apa saja positif negatifnya untuk motor mu juga untuk keseharianmu.
noken as harianSeperti kita tahu korek noken as sangat signifikan sekali untuk meningkatkan performa motor. Apalagi untuk motor drag yang keseharianya cuma buat jaln 200 meter saja. Tapi apakah motor kita cukup berjalan 200 meter saja? Tidak bukan. Sekarang banyak beredar noken as racing buatan TDR , Kawahara ,TDH dll. Itu mungkin salah satu noken as yang bisa langsung plug in atau bisa langsung dipasang tanpa mengubah atau menggeser pengapian sepeda motor.

Sekarang banyak tuner yang mulai ahli dalam memapas,membuat lift noken (angkatan noken as) lebih tinggi. Jadi rata-rata rider lebih suka korek noken sendiri daripada beli produk racing noken as disamping harganya mahal juga tidak terlalu signifikan karena disetting untuk harian. Tapi beda dengan korek noken sendiri lift noken dan durasi noken ditentukan oleh keinginan sendiri. Tapi apakah cocok untuk semua tipe kendaraan , ketika kamu memilih model noken gemuk atau kurus , galak di RPM rendah atau tinggi, lift noken tinggi atau rendah patut dipertimbangkan.
noken as harianSebagai contoh Honda Supra 100 cc dan Supra x 125cc dari kedua motor tersebut jika sama-sama menggunakan noken gemuk maka supra 125 lah yang lebih bagus karena cc lebih besar tapi jika diaplikasikan ke supra 100cc lebih buruk karena motor ber cc kecil membutuhkan torsi besar karena stroke(langkah piston pendek)lebih panjang milik supra 125. Dan alasan lain juga motor yang bercc besar kompresinya pun lebih padat jadi noken as gemuk lebih cocok , untuk motor bercc kecil menggunakan noken as kurus mungkin torsi dan lift klep lebih dapat. Karena motor ber cc kecil lebih membutuhkan torsi yang besar dan durasi pendek untuk kenyamanan,keawetan motor .
Jadi untuk mendapatkan hasil yang maksimal buat lah noken as mu sesuai kebutuhan jika motormu dibuat memang khusus untuk balapan ya sekalian saja full modif. Semua yang berlebihan itu hasilnya tak akan baik.

Seputar Noken As aka Chamsaft aka Kem


Pengertian LSA (Lobe Separation Angle) :
Adalah angka derajat jarak antara titik tengah pucuk bubungan lobe-in dan pucuk bubungan lobe-exhaust.
Menurut pakarnya 4 tak dari Jogja yaitu Ibnu Sambodo tentu ga asing tuh namanya…
Beliau bilang klo hanya bermodal kem mentah memudahkan mekanik mencari angka LSA makin ekstrem. Karena “bentuk kem bisa dibuat sesuai kebutuhan”.
Angka LSA yang makin rendah juga mudah diraih, karena profil kem tidak terpatok. Mulai dari kepala, pinggang, sampai pantat, semua masih bs dibentuk ulang. Beda dengan bentuk kem standar yang mesti ditambal ulang kalau mau bentuk baru.

Ilustrasi gampangnya kek orang tepos kalau mau terlihat bahenol musti ditambal tuh pake busa yang tebal.. heheheheh…
Si Ibnu jg sanggup dengan mudah membuat smash ngibrit di MP dengan LSA 100° – 110° .
Teori Penting yang harus dipahami :
Makin rendah LSA, makin besar overlap. Pada putaran atas, komposisi ini sangat bagus.
Efek tinggi overlap membuat pembilasan makin sempurna pada putaran atas, karena proses pembilasan terjadi pada saat overlap. Dimana semua klep sama2 membuka di TMA (Titik Mati Atas).
LSA juga menentukan Power Band. “Meski durasi sama, LSA diubah maka karakter mesin jg ikut berubah. Makanya, untuk menyesuaikan trek, banyak yang ubah LSA meski durasi tetap” kata om Chia (suhu korek Suzuki top-1).
Menurut pakde (Ibnu Sambodo) secara teori trek panjang butuh LSA rendah.
For LSA
For LSA
Hitung Overlap dan LSA :
Besar kecilnya overlap mudah dibaca dengan diagram kem. Daerah diagram yang mempertemukan klep in saat membuka dan out baru membuka, itulah overlap.
Coba bro2 liat diagramnya aja deh….
diagram
diagram
Misal, kem in membuka di 25° sebelum TMA (Titik Mati Atas). Sedang kem out masih membuka sampai 30° sesudah TMA. Maka angka overlap adalah 25°+30°=55° .
Sementara, untuk menghitung LSA, Om Chia memberi rumus mudah.
Rumusnya :
((Durasi in / 2) – angka bukaan in) + (durasi exhaust / 2) – (angka tutup exhaust) / 2) = LSA.
Cth; durasi in 270° , bukaan in 25°, durasi exhaust 270° , tutup exhaust 30° . Maka LSA = ((270°/2) – 25°) + (270°/2)-30°) /2) = 110° + 105° = 215°/2 = 107,5° .
Jadi LSA= 107,5° .
nb:
ini hanya sekedar sebuah informasi yang mungkin bs bermanfaat buat acuan mengoprek seputar Kem. Untuk keberhasilannya sangat dibutuhkan ketekunan dalam bereksperimen serta penghitungannya demi mendapatkan LSA yang terbaik buat Epyu sesuai trek tentunya…

Source : motorplus edisi 207-209/2003, 260/2004