GRAND TAKEGAWA, HEAD FU DAN KOPLING KERING
Januari 20, 2012

Serem juga melihat foto yang diposting oleh Theo ini. Kalau dilihat lebih dekat, basic mesinnya dari Honda Grand. Tapi, blok dan kepala silinder dari Suzuki Satria F-150. Pertemuan blok silinder Satria F-150 dengan crankcase Grand menggunakan adaptor.
Katanya sih motor milik temannya Theo. Menurut bocah asal Gresik, Jawa Timur ini, basicnya dari Honda Grand. Theo bilang mengusung mesin Grand Takegawa. Harganya lumayan tinggi, sayang kalau dipakai balap liar. Makanya ini hanya untuk balap drag bike resmi saja.
Kalau mau tahu harganya, “Mesin Takegawa saja sekitar Rp 48 jutaan. Karbu sekitar Rp 3 jutaan. Belum part racing lain, bisa dikira-kira sendirilah bos. Ane aja gak berani ngitung. Entar malah gila sendiri. He..he..he…,” tulis Theo dalam menjawab pertanyaan dari teman-teman di jejaring sosial komunitas balap liar. Seremnya lagi, kopling kering Takegawa saja sudah Rp 15 jutaan. Walah…

Kopling kering memang memiliki kelebihan. Tidak selip karena tidak terendam oli mesin. Kopling seperti ini seperti di mesin GP125 atau 250. Kalau di motor massal seperti di Aprilia RS125.
Setelah ditelusuri lagi lewat comen teman-temannya, ternyata motor ini milik Alendi Fit. Keberadaan Grand ini sedang dilacak. Kalau sudah ketemu akan ditulis di tabloid MOTOR Plus secara lengkap.
Nah. kini posisi motor ini sudah ketemu. Yaitu dari komentar bro Vanella dan Legowo. Redaksi MOTOR Plus segera meluncur. Tunggu ya ulasan lengkapnya di MOTOR Plus cetak. Lengkap dengan foto-fotonya.
Jupiter MX Blok Head Scorpio
Jupiter MX Sedang ramai di bicarakan di arena liaran jakarta karna motor yang selama ini di anggap banci itu ternyata menyimpan banyak potensi yang terpendam....banyak para modifikator enggan untuk memaksimalkan motor yang tergolong memiliki DNA berbeda dengan motor jenis bebek convensional karna bernacam alasan....namun kian hari motor ini kian berkilau berkat salah satu bengkel di jakarta yang dapat memaksimalkan motor yang satu ini tanpa keluhan yang berarti....namun itu cerita tentang modifikasi mesin di jakarta... lain cerita kalo di luar Jakarta.....dengan segala keterbatasan fasilitas mereka tetap berusaha berkarya dengan maksimal...berusaha untuk berinovasi dengan material yang ada dengan bertujuan mendapatkan hasil yang memuaskan alias Speed yang ok....salah satunya memodifikasi mesin dengan cara Engine Swap....namun tidak tanggung-tanggung part yang di kawinkan kali ini....yaitu Blok Head Yamaha Scorpio 225cc
Engine Swap Mx 135 cc dan Scorpio 225 cc
Mantapppp.....Melakukan engine Swap tergolong Rumit kawan.....karna
membutuhkan ketelitian dan keakurasian.....di tambah lagi harus
memindahkan posisi rantai keteng jupiter MX dari sebelah kiri ke kanan
karna posisi rantai keteng scorpio yang berada di kanan...hemmm cuco
deh....tapi hal itu bukanlah masalah berarti jika tekad sudah terlanjur
bulat.... bagi KenyOunk 22 tahun sang mekanik dari Bengkel (kenyounk
Punya Karya) .... tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini jika
mengerjakanya dengan sungguh-sungguh....
Dudukan Baru untuk Blok Head Scorpio
Alasan bengkel KPK (kenyounk Punya Karya) yang berlokasi di daerah yang
belum lama menjadi tuan rumah Pon Pekan baru Riu ini ...memilih Blok
head Scorpio untuk riset modifikasinya kali ini....guna untuk mengejar
penggunaan diameter piston yang lebih besar...karna Scorpio bisa
menggunakan hingga piston berdiameter 80mm....namun ternyata langkah
modifikasinya tidak berhenti pada diameter piston / Bore Up dan engine
Swap saja sob...Tapi ritual Stroke Up pun tidak lupa di
lakukannya...dengan merubah Stroke Satndar MX yang 58,7mm menjadi 74
mm.....Karna Stroke up merupakan ritual wajib Bagi para modofikator
mesin....
Dengan mengkombinasikan kruk as standar mx dengan Stang Seher RXZ maka keluarlah angka Stroke 74mm dengan di padu diameter standar 70 mm piston scorpio makan cc nya berubah menjadi 284,6 cc di bulatkan menjadi 285cc ....WEW Masuk kelas FFA nih kalo di Resmi
Tapi rasanya kurang lengkap ya sob kalo kita hanya mendengar cerita rubahannya saja tanpa bisa melihat dan mendengar langsung Hasilnya....apalagi suaranya kaya apa ya....??? Penasarankan......!!!!!
Tapi tenang aja sob....Cuplikan Video selalu menjadi Prioritas I B L J untuk membuktikan suatu hasil karya Seseorang Agar lebih mantap dan meyakinkan tentunya...
SUZUKI SHOGUN HYPER BORE / HEAD FU MEDAN
Baru saja IBLJ aktif lagi di Facebook menggunakan akun baru stelah
hampir 1 bulan fakum...Wahhh...Langsung aja banyak berita perkembangan
baru di FB khususnya Balap Liar...dan perkembangan tersebut
menginspirasikan IBLJ untuk membuat suatu tulisan Di blog agar
teman-teman IBLJ lebih mantapppp untuk menyimaknya....okkkk
Sangat jarang terangkat motor buatan anak-anak di luar pulau jawa...padahal banyak juga loh yang ga kalah extreem dan Siapa bilang kalo Motor balap Yang serem-serem lahir di pulau jawa...ne..ne..ne...mau bukti...
SUZUKI SHOGUN HYPER BORE / HEAD FU BUATAN MEDAN
Motor ini Buatan anak-anak medan tepatnya Bengkel anxory bubut marelan jln.Marelan pasar 2 arah ke belawan medan sumatera utara....IBLJ mendapatkan berita ini dari wawancara online dengan salah satu anggota bengkel tersebut yaitu bro Lie Siau Long http://www.facebook.com/profile.php?id=100001570982139...bro lie ini adalah salah satu anggota dan kerabat IBLJ di FB........selain rubahan yg cukup extreem pada bagian luar kepala cylinder yang sudah menggunakan Head satria fu dalemanya pun ga kalah extreem lo...dengan bore = 70 mm milik piston Scorpio dan struk = 81,2 mm.....hemmmm....Angkerrrrr kallliiii COK......
Liat pakingnya brooooo....5 cm
Spek ini di buat untuk di turunkan pada balap liar dan resmi .......jika pada balap resmi diturunkan di kelas ffa ....bro lie berbisik, kalo di medan kelas ffa kapasitas cc hingga 350 cc ...Alllammmaaaa
wiettt belum selesai...masi adalagi spek-spek lainya yg belum di sebutin yang ga kalah Mantap...
Kayanya taman-taman IBLJ bisa menilai sendiri deh Hasil karya Anak-anak Medan Ini......MANTAPPPP
HORRRAAAASSSSS......
Sangat jarang terangkat motor buatan anak-anak di luar pulau jawa...padahal banyak juga loh yang ga kalah extreem dan Siapa bilang kalo Motor balap Yang serem-serem lahir di pulau jawa...ne..ne..ne...mau bukti...
INI DIA..........!!!!!!!!!!!!!
SUZUKI SHOGUN HYPER BORE / HEAD FU BUATAN MEDAN
![]() |
![]() |
Motor ini Buatan anak-anak medan tepatnya Bengkel anxory bubut marelan jln.Marelan pasar 2 arah ke belawan medan sumatera utara....IBLJ mendapatkan berita ini dari wawancara online dengan salah satu anggota bengkel tersebut yaitu bro Lie Siau Long http://www.facebook.com/profile.php?id=100001570982139...bro lie ini adalah salah satu anggota dan kerabat IBLJ di FB........selain rubahan yg cukup extreem pada bagian luar kepala cylinder yang sudah menggunakan Head satria fu dalemanya pun ga kalah extreem lo...dengan bore = 70 mm milik piston Scorpio dan struk = 81,2 mm.....hemmmm....Angkerrrrr kallliiii COK......
Liat pakingnya brooooo....5 cm
![]() |
![]() |
Spek ini di buat untuk di turunkan pada balap liar dan resmi .......jika pada balap resmi diturunkan di kelas ffa ....bro lie berbisik, kalo di medan kelas ffa kapasitas cc hingga 350 cc ...Alllammmaaaa
wiettt belum selesai...masi adalagi spek-spek lainya yg belum di sebutin yang ga kalah Mantap...
- Magnet KTM
- Koil YZ
- Carbu FCR 30
![]() |
HORRRAAAASSSSS......
Honda Grand 246 cc
Sebenarnya gambar motor ini telah lama beredar dan sebagian orang pun tau bahwa motor tersebut buatan BangYan's mocin Khususnya wilayah jakarta.....namun ada beberapa Yang kita tidak tahu dari motor ini salah satunya adalah spek dari motor ini...kira-kira apa aja sih dalemanya hingga bisa motor Honda grand ini memiliki cc 246...????
ternyata setelah di usut-usut motor ini adalah hasil order dari orang malaysia....yang menginginkan bagaimana caranya membuat tampilan mesinnya terlihat standar namun dalamnya sudah di korek total.....ternyata spek liaran di malaysia tidak main sistem scrut.....mereka hanya berpatok pada tampilan saja
dan tentunya bang yan's tidak kehabisan akal untuk menyanggupi orderan tersebut dan segera membuatnya.....
salah satu trik andalanya adalah dengan mengaplikasikan crangkes kanan bango (mocin) yang di kawin kan dengan crangkes kiri standar grand...yang bertujuan agar bisa mengaplikasikan strok yang lebih panjang.......ga tanggung setelah di modifikasi struknya mencapai 70 mm..
coba liat pakingannya brooo...
70 mm itu baru strukanya......kira2 berapa diameter sehernya....??????
ternyata ga kalah extrem sob.... seher berdiameter 66 mm di paksa masuk kedalam blok std grand...yang umumnya hanya mentok di ukuran 58-63,5 mm.....gileeee... dengan menggeser baut tanemnya ...tentunya hal ini tidak mudah.... dan jarng mekanik yg melakukanya hal ini karna beresiko cukup tinggi...selain mesin rawan jebol.....tentunya duitnya juga harus kenceng mennn....karna jalur oli sudah kemakan habis makanya bang yans mensiasati untuk membuat jalur baru diluar mesin...lihat gambar di atas....cara ini terinspirsi motor kaze..tentunya teman-teman juga sudah paham.....
tapi ada satu lagi yang terlihat konyollllll......kira2 apa ya......??????
coba deh perhatikan baut tanemnya.......keliatan tuh dari luar........sialllllllllllllll
Emang gila orang yang satu ini........SALUT-SALUT......
Honda Grand, Dua Silinder Segaris 218 cc!
Yamaha 125 Z 61 HP Yunani best time 6,4 detik 201m
Memanfaatkan komunikasi sesama pecinta drag bike di belahan dunia lain... walaupun berbeda negara I B L J tetap ingin melihat perkemabangan Drag Bike di dunia sejauh mana ?...terutama yang sesuai dengan perkembangan motor-motor drag di tanah air.....sejauh ini kita selalu berpatokan kepada thailand, malaysia sebagai barometer perkembangan drag bike di tanah air...hal ini masilah sangat minim informasi untuk memajukan perkembangan Drag bike kita.....untuk itu IBLJ membuka relasi kekerabatan dengan para pecinta Drag Bike dari yunani yang Spesifikasi modifikasinya tidak jauh dengan negara kita....
![]() |
Yamaha 125 Z 61 HP saat di atas Dyno |
![]() |
Print out Dyno Yamaha 125 Z 61 Hp |
![]() |
Print Out Best Time 201m dan 400m |
Di atas langit masi ada langit itu benar adanya kawan....motor 2 tak
bebek yang kita kenal selama ini menjadi jawara adalah honda Nova Dash
di Thailand dengan penorehan angka rata-rata di bawah 7 detik di atas
6,5 detik....Rupanya mulai gelisah melihat dari hasil penorehan angka
Horse Power dan best timenya Motor-motor dari yunani yang di dominasi
oleh yamaha 125 Z....walaupun informasi yang I B L J dapatkan belum
cukup ditail hingga pada spesifikasi modifikasinya.....Sekiranya hal
tersebut dapat membuka wawasan dan juga untuk memotifasi diri kita untuk
lebih terpacu.....Mudah-mudahan Next I B L J akan mengulas lebih jauh
tentang Spesifikasi motor-motor yang ada di Yunani sana...
Berikut adalah Bukti Cuplikan Video saat berada di arena balap dan di atas dyno salah satu motor tercepat yang ada di Yunani
Jupiter MX 476 cc belum sempat merasakan aspal Indonesia
Dunia Balap Lurus memang sedang Benar-benar Booming dengan Jupiter
MX...Hampir beberapa ulasan IBLJ beberapa bulan terakhir mengulas
tentang jupiter MX Modif.... dari Yang kenceng sampai yang modif
Extreem...Kali ini kembali nongol Jupiter MX buatan anak-anak kota Hujan
BOGOR....Jika dilihat sepintas Tampak luarnya Seperti Mx spek ektrem
pada umumnya ...dimana Blok Cylinder di Cor sebagai syarat untuk Masuk
Piston-piston berukuran Raksasa.....Namun Kali ini agak sedikit lebih
rapih..mungkin karna ada sentuhan mesin CNC jadi permukaan blok terlihat
seperti Full Paking alumunium ...Cekidot gambar di bawah
sob....Rapihkan...Begitu juga dengan Blok Magnetnya terliahat Lebih
Stylish dengan motif lubang-lubang melingkar

Bukan hanya dari tampilan luarnya yang WOW....Tapi juga Spek rubahannya dalemanya Lumayan Ekstrem Sob....siapa sangka blok yang terlihat rapih ini menyimpan Volume yang begitu besar untuk kelas motor-motor bebek untuk spek bebasan di Indonesia...476 cc itulah angka yang keluar dari paduan Bore 84 mm x Stroke 86mm...
Liat tuh Boringannya WEW......... usut punya usut Piston menggunakan Kawasaki ZX 1400 musuh bebuyutanya Suzuki Hayabusa yang berdiameter 86mm di padu dengan kruk as CRF motor Special Engine ....Namun sangat disayangkan Spek yang terlihat angker ini bukan untuk di Terbitkan di Indonesia....tapi Untuk Di geber di Negaranya si Upin-Ipin Malaysia...Mesin ini adalah Riquest dari salah satu bengkel dari negara tetangga yang sangat mengkagumi Karya bangsa Indonesia
Waduh sayang sekali ya...kalo saja motor ini Bisa mencicipi kerasnya aspal liaran jakarta pasti bakal menghebohkan dunia persilatan...sudah pasti banyak yang penasaran dengan liarnya torsi dari Jupiter Mx 476cc ini.....Wuuzzzz....Walau pun demikian IBLJ tetap mengangkat berita ini sebagai bentuk apresiasi sang mekanik (EDIE) dari Bengkel 333 BOGOR (salah satu anggota Grup I B L J) agar tetap terus berkarya
Spesifikasi :

Stang seher : K125
Kruk AS : CRF Stroke 86mm
Kompresi : 14:1
Klep : 31/27
Pengapian : YZ
Per klep : YZF
Durasi Ex : 278 Durasi In : 280
By: 333 Motor bogor
Kruk AS : CRF Stroke 86mm
Kompresi : 14:1
Klep : 31/27
Pengapian : YZ
Per klep : YZF
Durasi Ex : 278 Durasi In : 280
By: 333 Motor bogor
Gebrakan Kirana Abakura 4T Jakarta
Di akhir tahun 2012 Arena Bali di seputaran jakarta di gebrak oleh kedatangan sosok motor yang awalnya di pandang biasa-biasa saja...Dari Style dan tampilan yang tergolong sederhana untuk sekelas motor spek bebeasan di jakarta ....motornya pun hanya dari Basic mesin bebek yang berteknologi Konvensional yaitu honda Karisma ...Namun di balik kesederhanaanya itu tersimpan Chemistry korekan yang mengerikan dari duet mekanik Eko tompel dan Aris abakura Dari bengkel yang bernama ABAKURA 4T...nama bengkel Abakura ternyata ada 2 sejauh ini Abakura 4T dari jakarta dan Abakura dari daerah jawa tengah yang Eksis juga di dunia balap terutama di arena resmi ....Nah yang I B L J ulas saat ini adalah bengkel Abakuta 4T Dari jakarta Ingat kalo dari Jakarta Ada (4T) nya di belakang tulisan Abakura...Tegas Arisa Mekanik Abakura
Kenapa motor Karisma Abakura 4T di sebut mengebrak ???.....karan motor yang di hadapinya Motor-motor yang bisa di katakan The Bestnya jakarta....dan semua Di tinggalin begitu saja tanpa peringatan...dari mulai Motor Satria FU Spek Bebasan,Jupiter MX Bebasan ,Mio bebasan Dll...Seperti yang I B L J pernah ulas sebelumnya tentang motor ini Track recordnya Lumayan cemerlang dari sekian banyak pertandingan....dan akhirnya banyak rumor yang beredar tentang motor ini bahwa motor ini memiliki kelebihan-kelebihan di sektor mesin dan bukan made in jakarta....dari berita yang hanya menjadi gosip ini I B L J mencoba untuk meluruskannya dengan langsung mewawancarai langsung sang Empunya motor/ sang mekaniknya Yaitu Bro Aris Abakura 4T....
untuk Kontak lebih lanjut teman-teman bisa Hubungi nomer :
Contac Aris di : 021 99207633
Alamat Lengkap : Jl.peta barat rawa lele kel-kalideres kec-kalideres jakarta barat 11840 arah bandara soekarno hatta deket perumahan citra 2 exstantion
Spek kirana ABAKURA 4T :
- Ratio cuma gigi1 (banci/ Cuma sebelah yg laen standar) 4 Speed
- Struk 66mm
- Piston 67mm
- Kompresi di bawah 11:1
- Klep in:35 ex:30
- Cdi Brt i-max
- Karbu 28 Sp
- Pelek : Excel baros
- Ban depan fdr drag belakang irc eat my dust
- Kenalpot : Custom
Garuda ABAKURA Cukup Disegani di Jakarta Barat
Entah sudah berapa banyak bengkel yang berhadapan dengan motor dari bengkel yang satu ini dan telah mengakui kehebatanya...track recor Motor Garuda dan Kirana yang tercatat 19 kali bertanding 12 kali menang.... 3 kali menang Dp.... 1 kali kalah Dp..... dan 3 kali kalah....ini pengakuan dari salah satu kru ABAKURA (ada bakat kurang ragat)...19 kali bertanding di arena liaran merupakan sebuah konsistensi bahwa motor tersebut tidak ingin di pandang sebelah mata oleh motor lawn-lawannya walau hanya sebuah motor cina dengan merek Garuda dengan rubahan mesin yang radikal...
ABKURA awalnya adalah sebuah bengkel rumahan ....seperti
bengkel-bengkel hebat pada umumnya di Jakarta yang sebagian besar
berawal dari bengkel-bengkel rumahan yang di dirikan secara
swadaya...yang berdiri selama kurang lebih 3 tahun yang lalu....dan
akhirnya ABAKURA mendirikan bengkel umum di salah satu lokasi di
Jl.peta barat (rawa lele) jakarta barat selama kurang lebih 1 tahun
terakhir ini Dimana mekaniknya adalah Bro Aris dan Eko tempel ABAKURA
yang tergolong masih muda...
Rubahan mesin yang radikal dimana tidak lagi menggunakan mesin bawaan
motor Garuda/Mocin telah di ganti dengan seglondong mesin
Karisma...namun sasis tetap masi menggunakan Mocin seperti nampak pada
gambar yang paling atas...rubahan ini umum di lakukan para penggila
kecepatan agar terlihat culun tapi bringas.